Selasa, 17 September 2013

ISO 9001:2015



ISO 9001:2015 merupakan standar internasional yang paling banyak digunakan.Ini kekuatan terletak pada kenyataan bahwa standar yang sama dapat digunakan dalam setiap organisasi dalam industri apapun, dari berbagai ukuran, di mana saja di dunia. Pendaftaran ke ISO 9001:2015 oleh badan terakreditasi UKAS memberikan bukti obyektif bahwa bisnis telah menerapkan sistem manajemen mutu yang efektif, dan bahwa hal itu memenuhi semua persyaratan standar yang berlaku. Standar ini didasarkan pada delapan prinsip manajemen. Ini adalah:

8 Prinsip-prinsip Manajemen Mutu
Prinsip 1 Organisasi yang berfokus pada pelanggan
Organisasi tergantung pada pelanggannya. Oleh karena itu, organisasi harus mengerti keinginan pelanggan baik untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang, memenuhi permintaan pelanggan dan bahkan berusaha keras untuk melampauinya.

Prinsip 2 – Kepemimpinan
Pemimpin menetapkan satu tujuan dan arah organisasi. Mereka harus menciptakan dan memelihara lingkungan internal di mana karyawan dapat terlibat secara penuh dalam mencapai tujuan organisasi.

Prinsip 3 – Keterlibatan karyawan
Karyawan pada semua tingkat adalah unsur dari suatu organisasi dan keterlibatan mereka senantiasa memberikan sumbangsih bagi kepentingan perusahaan.

Prinsip 4 – Pendekatan
Proses Suatu hasil yang diinginkan akan dicapai secara lebih efisien jika sumber daya dan aktivitas yang saling berkaitan diatur sebagai satu proses.

Prinsip 5 – Pendekatan sistem pada manajemen
Jika proses-proses yang saling berkaitan dapat diidentifikasikan dan diatur sebagai suatu sistem, maka tujuan dan sasarannya dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien.

Prinsip 6 – Peningkatan yang berkesinambungan
Peningkatan yang berkesinambungan harus menjadi suatu tujuan permanen dari organisasi.

Prinsip 7 – Pendekatan faktual untuk pengambilan keputusan
Keputusan efektif berasal dari data dan informasi yang dianalisis dengan baik
.
Prinsip 8 – Hubungan pelanggan yang bermanfaat bagi kedua pihak
Hubungan antara suatu organisasi dan para pemasoknya adalah saling ketergantungan, dan hubungan saling ketergantungan itu menghasilkan nilai lebih bagi keduanya.


       Berdasarkan awalnya pada pelajaran selama Perang Dunia Kedua, prinsip-prinsip dasar spesifikasi produk yang dikembangkan, mengarah ke penerapan persyaratan tertentu diterapkan di seluruh industri. Hal ini mengakibatkan berbagai standar yang berbeda, yang hanya melayani untuk membingungkan pemasok.
         Dalam upaya untuk menyelaraskan Standar Mutu dokumen pedoman, BS 4891, A Guide to Quality Assurance, diterbitkan pada tahun 1972. Ini ditiru di Amerika Serikat dan lebih ditingkatkan dengan pengenalan BS 5179 pada tahun 1975. Negara-negara industri utama mengembangkan versi mereka sendiri BS 5179, tapi pengenalan BS 5750 di Inggris pada tahun 1979 dimaksudkan untuk pertama kalinya bahwa ada standar yang diadopsi oleh industri pada umumnya
         Mengikuti filosofi sendiri perbaikan berkelanjutan, seri direvisi pada 1994/2000 dan 2008 dan sekarang dipandang oleh banyak perusahaan sebagai kerangka kerja untuk praktek terbaik di seluruh bisnis, tidak hanya dalam kualitas.


MANFAAT ISO 9001:2015
1. Akses ke pasar baru
2. Beberapa organisasi memerlukan atau perusahaan
mendukung dengan ISO 9001 pendaftaran
3. Mengurangi biaya
4. Peningkatan keandalan produk
5. Baik proses kontrol dan aliran
6. Baik dokumentasi proses
7. Karyawan yang lebih besar kualitas kesadaran
8. Penurunan produk, ulang memo dan penolakan


1 komentar:

  1. Selamat Pagi...Kami mau tanya. Brp biaya pengurusan ISO 9001:2015

    BalasHapus